Home » 2016

2016

DESKRIPSI MATA KULIAH

 

 1) Filsafat Ilmu (UNI816101) = 2 (2-0)

Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu dalam berbagai ilmu serta perkembangan pengetahuan ilmiah.Pembahasan tentang ontologi ilmu difokuskan pada unsur realitas empirik, seperti fakta, data, dan informasi tanpa melepaskannya dari realitas rasional, serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah.Epistemologi ilmu difokuskan pada metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metodologi penelitian.Aksiologi ilmu membahas nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan serta kegunaannya baik secara internal, eksternal, maupun sosial.

 

2)  Metodologi Penelitian  (UNI816102)  = 2 (2-0)

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa permasalahan penelitian, kerangka teori dalam penelitian, jenis-jenis pendekatan dalam penelitian, design penelitian, pengukuran variabel, cara uji-coba instrumen, populasi dan sampel, rancangan penelitian dan pengolahan data penelitian.

 

3)  Wawasan Kependidikan (KIP816101)  = 2 (2 -0)

 Psikomotor:

Dalam perkuliahan ini mahasiswa, dalam lingkup keluasan cakupan (ekstensif) dan kedalaman kajian (intensif), diberi kesempatan dan peluang untuk membangun pemahaman dan teori tentang wawasan kependidikan melalui berbagai kegiatan meliputi:kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat mengembangkan wawasan kependidikan, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan ide-ide baru pengembangan pendidikan di tanah air,dan membangun struktur pengetahuan kependidikan secara komprehensif melalui kajian analitik isu dan perkembangan dunia pendidikan.

Pengetahuan

Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan dan pelayanan kepada mahasiswa untuk melakukan analisis dan membangun pemahaman dan teori  perkembangan dan isu-isu pendidikan nasional dan global. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok pendidikan nasional: Kurikulum, UN, Disparitas Mutu, APM & APK, dll; (2) Pendidikan Sebagai Indikator Human Development Index (HDI); (3) Isu Pembangunan Pendidikan Global: Education For All , International Educational Standard, AFTA, APEC, dll; (4) Sistem asesmen global: TIMMS, PISA, & PIERLS; (5) Teacher Development Program (TPD) di berbagai Negara dalam konteks Continuous Professional Development (CPD); (6) Perkembangan Psikologi kognitif: Kecerdasan emosional, kecerdasaran jamak (multiple intelligent) (7) Peranan ICT dalam perkembangan dan kemajuan Pendidikan.

Sikap

Mahasiswa dapat mengelola, melaksanakan proses dan dapat dipercaya serta dapat diberi tanggung jawab mengimplementasikan isu-isu terkini dunia pendidikan secara kontinu dan akuntabel dalam tugas profesionalnya.

Tujuan Mata Kuliah

Selama dan setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa mampu:

  1. Memiliki motivasi dan keinginan yang tinggi disertai kesadaran akan pentingnya memahami dan mempelajari isu terkini tentang perkembangan pendidikan nasional dan global

  2. Memiliki dan mengembangkan sikap atau perilaku yang menunjang serta sinkron dengan keinginannya mempelajari dan mengembangkan kompetensinya dalam aspek kependidikan.

  3. Memiliki dan mengembangkan pengetahuan serta menggali sumber-sumber pembelajaran yang terkait dengan isu pendidikan nasional dan global.

  4. Memiliki dan mengembangkan keterampilan untuk mengenali, menggali dan memproduksi ide-ide baru pengembangan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan profesionalnya.

  5. Memiliki dan mengembangkan pengalaman untuk merefleksikan diri dalam komunitas profesionalnya yang berkaitan dengan motivasi, sikap, pengetahuan dan keterampilannya mengembangkan ilmu kependidikan dan keguruan sesuai dengan bidang ilmunya.

Sumber Acuan:

  1. Rentsra Kemdikbud 2015-2020

  2. Peraturan Perundang-undangan pendidikan RI

  3. HDI, World Bank

  4. OECD, 2013

  5. CPD

  6. Psychology Kognitif

  7. ICT dalam pendidikan

 4) Kurikulum dan Pembelajaran (KIP816102) = 2 (2-0)

Ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan aktivitas; mengkaji dan mengembangkan kurikulum dan pembelajaran secara  kritis dan  analitik yang meliputi model-model konsep kurikulum dengan teori pendidikan yang melandasainya, anatomi kurikulum,  desain, implementasi, serta evaluasi kurikulum dan pembelajaran baik pada tataran konseptual yang bersumber dari berbagai pandangan para ahli  maupun implementatif, dan kasuistik di lapangan.

Psikomotor

Membangun keterampilan berpikir tentang kurikulum dan pembelajaran  melalui kegiatan ilmiah sehingga menghasilkan ide-ide baru tentang pengembangan kurikulum dan pembelajaran

Pengetahuan

Melakukan analisis dan membangun pemahaman kurikulum dan pembelajaran (perspective, paradigm, possibility, kasuistik), mengkritisi  model Konsep kurikulum (pend. Klasik, konfuen, teknologis, interaksional), anatomi kurikulum sesuai dengan tuntutan jenjang pendidikan, Isue kontemporer pengembangan kurikulum dan pembelajaran, mengembangkan berbagai pendekatan evaluasi kurikulum dan pembelajaran.

Sikap

Mahasiswa bertanggung jawab dalam mengembangkan kurikulum  dan pembelajaran dalam tataran konsep dan implementasi.

Tujuan Mata Kuliah

  1. Mampu mengkaji kurikulum dan pembelajaran (perspective, paradigm, possibility, kasuistik)

  2. Mampu mengkriti model Konsep kurikulum (pend. Klasik, konfuen, teknologis, interaksional)

  3. Mampu mengembangkan anatomi kurikulum sesuai dengan tuntutan jenjang pendidikan

  4. Mampu menganalisis Isue kontemporer pengembangan kurikulum dan pembelajaran

  5. Mampu mengembangkan berbagai pendekatan evaluasi kurikulum dan pembelajaran

  6. Bertanggung jawab mengembangkan dan mengimplementasikan konsep-konsep kurikulum

Sumber Acuan:

  1. Peraturan Perundang-undangan pendidikan RI

  2. OECD, 2013

  3. Konsep-konsep kurikulum

  4. Jurnal penelitian

 

5) Linguistics (PBI816101) = 3 (3-0)

Psikomotor

Mata kuliah ini bertujuan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menganalisis gejala kebahasaan berdasarkan teori-teori linguistik dan meningkatkan kemampuan mahasiswa melaksanakan penelitian sederhana mengenai gejala-gejala kebahasaan.

Pengetahuan

Mata kuliah ini bertujuan memperdalam pengetahuan mahasiswa mengenai linguistik serta mempertajam kemampuan analisis mahasiswa terhadap konsep-konsep linguistik. Topik-topik perkuliahan mencakup micro-linguistics (phonetics, phonology, morphology, syntax, semantics, pragmatics, semiotics), macro-linguistics (sociolinguitics, psycholinguistics), dan applied linguistics. Perkuliahan ditekankan pada presentasi makalah dan diskusi, dan tugas mandiri berupa penelitian sederhana.

Sikap

Mata kuliah ini bertujuan mempertajam ”awareness” mahasiswa terhadap gejala-gejala kebahasaan dan mengembangkan komitmen mahasiswa untuk mengaplikasikan teori-teori linguistik relevan dalam menyikapi gejala-gejala kebahasaan.

Tujuan 

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:

  1. Memiliki pengetahuan tentang ilmu bahasa, khususnya bahasa Inggris, yang mencakup ilmu bahasa mikro — fonetik, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, dan semiotik–, ilmu bahasa makro—sosiolinguistik dan psikolinguistik, dan linguistik terapan.

  2. Memiliki ketrampilan menerapkan pengetahuan tentang ilmu bahasa untuk menganalisis dan menjelaskan fenomena kebahasaan.

  3. Memiliki ketrampilan untuk melakukan penelitian kebahasaan sederhana

  4. Memiliki kesadaran dan sikap responsif terhadap fenomena kebahasaan yang muncul di lingkungan sekitarnya.

  5. Memiliki kemampuan menerapkan ilmu kebahasaannya untuk menyikapi gejala-gejala kebahasaan tersebut.

SumberAcuan

  1. Bauer, Laurie. 1988. Introducing Linguistic Morphology. Edinburgh: Edinburgh University.

  2. Brown, Keith dan Miller, Jim. 1991. Syntax: A Linguistic Introduction to Sentence Structure. Second Edition. London: Routledge.

  3. Cruse, Alan. 2004. Meaning in Language: An Introduction to Semantics and Pragmatics. Second Edition. Oxford: Oxford University Press.

  4. Dardjowidjojo, Soenjono. 2009. English Phonetics and Phonology: For Indonesians. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

  5. Ibrahim, A. 2012. ”Syntactic contrastive analysis of Turkish and English”. Dacoromania, Serie Moua.2012, 17, 2: 230-244.

  6. Nurweni, Ari. 2013. “Meanings of English Loanwords in Indonesian Articles of Sport”. HumanioraJurnal Budaya, Sastra, dan Bahasa (Journal of Culture, Literature, and Linguistics). 25, 2: 184-195.

  7. Romaine, Suzanne. 1994. Language in Society: An Introduction to Sociolinguistics. Oxford: Oxford University Press.

  8. Stockwell, Robert dan Minkova, Donka. 2001. English Words: History and Structure. Cambridge: Cambridge University Press.

  9. Trudgill, Peter. 1983. Sociolinguistics: An Introduction to Language and Society. London: Penguin Books.

  10. Vellanueva, Ma Luz Celaya. 1993. “The morpheme ‘s’ of the simple present tense in the acquisition of English as a foreign language.  Anuari De Filologia, XVI, 4: 37-45

 

6) Journal Research Analysis (PBI816102) = 3 (3-0)

 Psikomotor

Mata kuliah ini bertujuan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menganalisis atau mereviu artikel yang dimuat dalam jurnal berdasarkan teori-teori penulisan artikel.

Pengetahuan

Mata kuliah ini bertujuan memperdalam pengetahuan mahasiswa mengenai teori penulisan artikel serta mempertajam kemampuan analisis mahasiswa terhadap  teori-teori penulisan artikel ilmiah dalam sebuah jurnal. Topik-topik perkuliahan mencakup penulisan abstrak, pendahuluan, metodologi, hasil dan pembahasa serta kesimpulan. Perkuliahan ditekankan pada presentasi dalam menganalisis atau meriviu beberapa  artikel yang diperoleh dari internet atau sumber lainnya,  dan tugas mandiri berupa  analisis atau riviu  kumpulan artikel yang cakupannya di area yang sama atau berkaitan.

Sikap

Mata kuliah ini bertujuan mempertajam ”awareness” mahasiswa terhadap  penulisan artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal pembelajaran bahasa dan kebahasaan dan mengembangkan komitmen mahasiswa untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut.

Tujuan 

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:

  1. Memiliki pengetahuan tentang penulisan abstrak, pendahuluan, metodologi, hasil dan pembahasa serta kesimpulan

  2. Memiliki ketrampilan menerapkan pengetahuan tentang penulisan artikel ilmiah dalam jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pengajaran bahasa dan kebahasaan.

  3. Memiliki kesadaran dan sikap responsif terhadap  artkel ilmiah pengajaran bahasa dan kebahasaan yang ada di berbagai jurnal ilmiah.

SumberAcuan

  1. Bambang Setyadi.Skill-Based Catagories: An Alternative of langauge Learning Strategiy Measurement. Journal of language Teaching and Research, Maret 2014.

  2. Flora. Language and Culture: Kinship System of Batak-Toba Samosir Ethnic .Singapore: GSTF Journal on Education, Vol.2 nomor 1, Juni 2014.

  3. Muhammad Sukirlan. Teaching Communication Strategies in an EFL Class of Tertiary Level. Journal of Theory and Practice in Language Studies, Vol 4 number 10, October 2014.

 

7) Language Acquisition and Foreign Language Teaching (PBI816203) = 3 (3-0)

 Psikomotor

Mahasiswa dapat membangun keterampilan berpikir kritis tinggi melalui berbagai kegiatan perkuliahan yang berlangsung dalam bentuk, workshop, group work task,dan individual project.

Pengetahuan

Mata kuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa  untuk berfikir secara kritis mengenai proses pembelajaran bahasa asing atau bahasa kedua. Materi perkuliahan mencakup teori yang mendasari perkembangan studi pembelajaran bahasa asing atau bahasa kedua(second language acquisition/foreign language learning)dalam hubungan dengan teori dasar lingusitik yang mencakup bidang phonology, morphology, syntax, dan semantics; perbandingan pembelajaran bahasa pertama dan bahasa kedua dengan teori behaviorisme, cognitivisme, constructivisme, Vygotsky, Universal Grammardan comprehensible input-comprehensible-output.Di samping itu, dibahas faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran/pemerolehan bahasa asing, seperti factor kognitif, afektif, gaya belajar, staretegi belajar dan strategi komunikatif. Sedangkan filsafah dan praktik pembelajaran bahasa diberikan pada akhirperkuliahan.

Sikap

Mahasiswa menyadari dan mencari tahu lebih jauh terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran kedua (second language learning)

TujuanMataKuliah

  1. Mampu mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan sesorang dalam mempelajari/memperoleh bahasa kedua/asing.

  2. Mampu mengkritisi teori-teori belajar seperti behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, Vygotsky, Universal Grammardancomprehensible input-comprehensible output.

  3. Mampu mengembangkan gaya belajar, stragtegi belajar, dan strategi komunikatif

  4. Mampu menganalisis issu kontemporer pengembangan kurikulum dan pembelajaran

  5. Mampu mengembangkan issu dalam SLA seperti communication strategies, communicative competrence, learning strategies, dan learning styles.

  6. Bertanggungjawab untuk mengembangkan dan mengimplementasikankonsep-konsepSecond Language Acquisition.

 SumberAcuan

[1] Ellis, Rod.1985. Second Language Acquisition. Oxford. Oxford University Press

[2] Cook, Vivian. 1996. Second language Learning and Language Teaching.London. Arnold.

[3] Bahrani, Taher et al. 2014. Second Language Acquisition in Informal Setting. Theory and Practice in Language Studies, Vol. 4, No. 8, pp. 1714-1723, August 2014

[4]. Yufrizal, Herry. 2006. Negotiation of Meaning by Indonesian EFL Learners. Bandung. Pustaka Reka Cipta.

8) TEFL Methodology (PBI816204) = 3 (3-0)

 Psikomotor

Mata kuliah ini memberi kesempatan dan peluang kepada mahasiswa, dalam lingkup keluasan cakupan (ekstensif) dan kedalaman kajian (intensif), untuk membangun pemahaman dan teori tentang  pengajaran bahasa Inggris  dan prinsip-prinsip pedagogik tentang pengajaran bahasa Inggris di setting bahasa Inggris sebagai bahasa asing melalui kegiatan  diskusi, dan penugasan presentasi dan tugas pembuatan makalah.

Pengetahuan

Mata Kuliah ini juga memberi kesempatan untuk membangun pemahaman  teori tentang teori-teori pengajaran bahasa Inggris  dan prinsip-prinsip pedagogik tentang pengajaran bahasa Inggris. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Bebagai metodologi pengajaran bahasa, (2). prinsip-prinsip pedagogik tentang pengajaran bahasa Inggris di setting bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Sikap

Mahasiswa  melaksanakan proses pembelajaran dengan tekun dan bertanggugjawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan secara individu dan secara kelompok secara profesional.

Tujuan Mata Kuliah

Selama dan setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa :

  1. Mampu mengkaji dan mengembangkan teori-teori tentang pengajaran bahasa Inggris  sebagai bahasa asing.

  2. Mampu mengkaji dan mengembangkan prinsip-prinsip pedagogik dalam pengajaran bahasa Inggris di setting bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

  3. Bertanggung jawab mengembangkan dan mengimplementasikan teori-teori dan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Sumber Acuan:

  1. Bambang Setiyadi. Teaching English as a Foreign Language. Graha Ilmu. 2006.

  2. Anivan, Sarinee.Language Teaching methodology. SEAMEO regional Language Centre.

  3. Owens,Robert E.JR. Language Development: An Introduction. New York:Pearson. 2012.

  4. Richards, Jack C and Willy A. Renandya. Methodology in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press. 2003.

9) Assessment in Language Teaching (PBI816205) = 3 (3-0)

Psikomotor

Membangun keterampilan berpikir kritis tentang berbagai isu dan praktik terkini dalam penilaian pembelajaran bahasa  sehingga  menghasilkan ide-ide baru tentang pengembangan  penilaian Bahasa Inggris. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mendisain, mengembangkan dan mengimplementasikan pengujian/penilaian bahasa Inggris yang dirancang khusus untuk khalayak sasaran tertentu.

Pengetahuan

Mata kuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa  untuk berfikir secara kritis mengenai berbagai isu dan praktik terkini dalam penilaian pembelajaran bahasa.Topik bahasan mencakup antara lain hubungan antara pembelajaran dan pengujian/penilaian bahasa; hubungan antara berbagai teori belajar bahasa dan pengujian/penilaian bahasa; proses penyusunan, pengembangan dan implementasi pengujian/penilaian bahasa; evaluasi dan penyusunan prosedur penilaian dan pengujian bahasa Inggris.

Sikap       

Mahasiswa mempunyai keperdulian dan rasa tanggung jawab terhadap  pengembangan penilaian Bahasa Inggris .

Tujuan Mata Kuliah

Selama dan setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa :

1.Mampu menganalisis teori-teori tentang  penilaian bahasa Inggris  sebagai bahasa asing.

2.Mampu menghasilkan berbagai macam penilaian  bahasa Inggris berdasarkan tujuan pembelajaran.

3.Bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengimplementasikan teori-teori  penilaian bahasa Inggris.

Sumber Acuan

  1. Gronlund, Norman. Measurement and Evaluation in Teaching.5th edition. New York: Macmillan Publishing Company,1995.

  2. Heaton, JB. Language Testing. Oxford: Oxford University Press, 2001.

  3. Shohamy, E. A Practical handbook in LanguageTesting for the second language teachers.

10) Literature in Language Teaching (PBI816206) = 3 (3-0)

Psikomotor

Mahasiswa dapat membangun keterampilan berpikir kritis tinggi melalui berbagai kegiatan perkuliahanyang berlangsung dalam bentuk, workshop, group work task,dan individual project.

Pengetahuan

Memberikan kesempatan  kepada mahasiswa untuk berfikir secara kritis dan dapat mengembangkan teori dan design pembelajaran bahasa asing/Inggris melalui berbagai macam karya sastra. Materi perkuliahan mencakup pendekatan, definisi, bentuk- bentuk karya sastra  yang dapat digunakan dalam membantu perkembanganpenguasaan dan ketrampilan berpikir mahasiswa.

Sikap

Mahasiswa menyadari dan mencari tahu lebih jauh terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran kedua (second language learning)

Tujuan Mata Kuliah

1) Mampu mengkaji teori, pendekatan,definisi, serta bentuk-bentuk karya sastra yang dapat digunakan dalam membantu perkembangan penguasaan bahasa Inggris serta membantu dalam meningkatkan ketrampilan berpikir mahasiswa.

2) Mampu mengkritisi teori, pendektan,definisi, serta bentuk-bentuk karya sastra.

3) Mampu   berpikir, sensitivitas, dan kedewasaan mahasiswa.

4) Mampu menganalisis isu-isu kontemporer pengembangan karya –karya sastra. Pembelajaran

5) Mampumengembangkan isu-isu yang terkait dengan pemnfaatan karya-karya satra dalam membantu peningkatan ketrampilan berpikir dan membantu dalam peningkatan kemampuan berbahasa mahsiswa.

6) Bertanggungjawab mengembangkan dan mengimplementasikan konsep-konsep, pendekatan sastra.

 SumberAcuan

[1] Eagleton, Terry. 1996. Literary Theory: An Introduction. Great Britain. Blackwell

Publishers Ltd

[2] Collie, Joanne and Slater, Stephen. 1995. Literature in the Language Classroom:

Resourse Book of Ideas and Activities. Cambidge. Cambridge University Press.

[3] Scott, Wilbur S. 1962. Five Approaches of Literary Criticism. New York. Macmillan

Publishing Co., Inc.

Practice in Language Studies, Vol. 4, No. 8, pp. 1714-1723, August 2014

[4]. Povey, John F. 1984. Litature for Discussion. Nw York. CBS College Publishing.

 

11) Research in Language Teaching (PBI816207) = 2 (2-0)

Psikomotor

Mata kuliah ini memberi kesempatan dan peluang kepada mahasiswa, dalam lingkup keluasan cakupan (ekstensif) dan kedalaman kajian (intensif), untuk membangun pemahaman dan teori  dalam merancang, mengembangkan,  dan melaksanakan penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif dalam kebahasaan dan pembelajaran bahasa. Kegiatan perkuliahan berlangsung dalam bentuk kuliah, workshop, group work task dan individual project, berupa rancangan penelitian.

Pengetahuan

Mahasiswa mengkaji jenis-jenis penelitian, merancang, dan mengembangkan metode penelitian berdasarkan masalah penelitian di bidang kebahasaan dan pembelajaran bahasa. Selain itu, mahasiswa juga mengkaji jenis-jenis instrumen, merancang dan mengembangkan  instrumen berdasarkan masalah penelitian.

Sikap

Mahasiswa dapat  melaksanakan proses pembelajaran dengan tekun dan bertanggugjawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan secara individu dan secara kelompok secara profesional.

Tujuan Mata kuliah

1) Mampu mengkaji  jenis-jenis pendekatan penelitian dan teknik-teknik analisis data dalam kebahasaan dan pembelajaran bahasa.

 2) Mampu  mengembangkan rancangan penelitian berdasarkan tujuan penelitian.

3) Mampu merancang sebuah penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif  dalam ranah kebahasaan dan pembelajaran bahasa .

4) Bertanggungjawab mengembangkan dan mengimplementasikan konsep-konsep penelitian kebahasaan dan pembelajaran bahasa.

Sumber Acuan

  1. Denzin, Norman K. and Lincoln, Yvonna. 2005. The Sage Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publications.

  2. Journal of Language Teaching and Research (open access). Academy Publisher. All issues.

  3. Larsen-Freeman, Diane and Long, H. Michael. 1991. An Introduction to Second Language Acquisition Research. London: Longman.

  4. Nunan, David. 1992. Research Methods in Language Learning. New York: Cambridge University Press.

  5. Theory and Practice in Language Studies (open access). Academy Publisher. All issues.

12) Syllabus Design and Materials Development (PBI816208) = 2 (2-0)

Psikomotor

 Mata kuliah ini memberi kesempatan dan peluang kepada mahasiswa untuk   membangun keterampilan berpikir tentang pengembangan kurikulum  dan rancangan sillabus serta perangkat pembelajaran. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mendisain sillabus dan perangkat pembelajaran untuk pendidikan  formal dan informal.  Kegiatan perkuliahan berlangsung dalam bentuk kuliah, workshop, group work task dan individual project.

Pengetahuan

Mata kuliah ini memberi bekal kepada mahasiswa untuk  berfikir kritis  tentang proses pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran untuk pengajaran bahasa. Topik bahasan mencakup antara lain prinsip-prinsip dasar dalam pengembangan desain materi dan silabus dari sudut pandang praktis dan teoretik, hubungan antara materi, silabus dan hakikat bahasa.

Sikap

Mahasiswa  melaksanakan proses pembelajaran dengan tekun dan bertanggugjawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan secara individu dan secara kelompok secara profesional dan mempunyai keperdulian dalam mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran.

Tujuan Mata kuliah

1) Mampu  mengkaji tahapan-tahapan  dalam pengembangan kurikulum  dan mancangan sillabus  serta perangkat pembelajaran bahasa Inggris.

2) Mampu  mengembangkan kurikulum  dan mancangan sillabus  serta perangkat pembelajaran bahasa Inggris untuk pendidikan  formal dan informal

3) Bertanggungjawab untuk  mengembangkan dan mengimplementasikan tahapan-tahapan pengembangan kurikulum  dan rancangan sillabus  serta perangkat pembelajaran bahasa Inggris secara profesional.

Sumber Acuan

[1]. Print, Murray.Curriculum Development and Design,2nd edition.Australia: Agency Limited, 1993.

[2] Collin,Marsh J. Curriculum,an Analytical Introduction, 2001.

[3] Kurikulum 2013.

[4] KKNI.

 

13) Pragmatics (PBI816309) = 3 (3-0)

Psikomotor

Mata kuliah ini memberi kesempatan dan peluang kepada mahasiswa untuk   menganalisis dan berfikir kritis mengenai aplikasi kebahasaan pada tataran pemakaian bahasa secara aplikatif di atas struktur kalimat yang dituangkan dalam analisis wacana lisan maupun tulis di berbagai setting.

Pengetahuan

Mata kuliah ini memberi bekal kepada mahasiswa untuk  berfikir kritis  tentang teori dasar pragmatics, aspek-aspek dalam speech acts: locutionary, illocutionary, perlocutionary, maxims. Pada bagian lain dibicarakan aspek discourse analysis berupa cohesion and coherences, conversation analysis, critical discourse analysis, genre dan written discourse serta hubungan pragmatics-discourse analysis dengan pembelajaran bahasa. Kegiatan perkuliahan berlangsung dalam bentuk lecture, workshop, group discussion, dan individual project.

Sikap

Mahasiswa  melaksanakan proses pembelajaran dengan tekun dan bertanggugjawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan secara individu dan secara kelompok secara profesional dan mempunyai keperdulian terhadap perkembangan analisis wacana di berbagai setting di mana bahasa digunakan.

Tujuan Mata kuliah

1) Mampu  mengkaji teori dasar pragmatics, aspek-aspek dalam speech acts: locutionary, illocutionary, perlocutionary, maxims.

2) Mampu  mengembangkan teori dasar pragmatics teori, aspek-aspek dalam speech acts: locutionary, illocutionary, perlocutionary, maxims melalui penelitian.

3) Bertanggung jawab dan mempunyai keperdulian terhadap perkembangan analisis wacana di berbagai setting di mana bahasa digunakan.

Sumber Acuan.

  1. Black, Elizabeth. Pragmatic Stylistics. Edinburgh. Edinburgh University Press. 2006.

  2. Brown, Gillian dan Yule,George. Discourse Analysis. Cambridge. Cambridge University Press. 1983.

  3. Leech, Goffrey. Principles of Pragmatics. London:Longman. 1983.

  1. Leech, Geoffrey. Principles of Pragmatics. London: Longman, 1983.

  1. Levinson, Stephen C. Cambridge: Cambridge University Press, 1985.

  2. Schiffrin, Debora. Approaches to Discourse. Cambridge. Blackwell Publishers. 1994.

  3. Yule, George. Pragmatics. Oxford : Oxford University Press.2002.

14) Writing  Scientific Article (PBI816310) = 3 (3-0)

Psikomotor

Mata kuliah ini bertujuan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mempresentasikan artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian mini  dalam forum seminar baik nasional maupun internasional

Pengetahuan

Mata kuliah ini bertujuan memperdalam pengetahuan mahasiswa mengenai penulisan artikel dan bagaimana menyajikan sebuah artikel hasil penelitian dalam forum seminar baik nasional maupun internasional.

 Sikap

Mata kuliah ini bertujuan mempertajam ”awareness” mahasiswa terhadap  penyajian artikel ilmiah dalam dalam forum seminar baik nasional maupun internasional

Tujuan 

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:

  1. Memiliki pengetahuan tentang penyajian artikel ilmiah dalam forum seminar baik nasional maupun internasional.

  2. Mampu  menyajian artikel ilmiah dalam forum seminar baik nasional maupun internasional menerapkan pengetahuan tentang penulisan artikel ilmiah dalam jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pengajaran bahasa dan kebahasaan.

  3. Memiliki kesadaran dan sikap responsif terhadap  penyajian artikel ilmiah dalam forum seminar baik nasional maupun internasiona,khususnya tentang pengajaran bahasa dan kebahasaan .

SumberAcuan

  1. Bambang Setyadi. Skill-Based Catagories: An Alternative of langauge Learning Strategiy Measurement. Journal of language Teaching and Research, Maret 2014.

  2. Muhammad Sukirlan. Teaching Communication Strategies in an EFL Class of Tertiary Level. Journal of Theory and Practice in Language Studies, Vol 4 number 10, October 2014.

  3. Flora. Language and Culture: Kinship System of Batak-Toba Samosir Ethnic .Singapore: GSTF Journal on Education, Vol.2 number 1, Juni 2014.

  4. Flora. Input in Group Work Interaction : International TEFL Conference, English Education Department Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University, Current Belief in ELT and Its Implication in English Classrooms: I. Solo, 18 Mei, 2013.

  1. Flora. Ilocutionary Act in Proposing an Asking for Something Made by Children: An Analysis of Oral Communication . KOLITA 11, UNIKA – Atmajaya:, Jakarta, 1-2 Mei,  2013.

15) Data Analysis  (PBI816311) = 2 (2-0)

Tujuan mata kuliah ini adalah memberi kemampuan kepada mahasiswa dalam menganalisi data penelitian, baik kualitatif maupun kuantitatif. Secara rinci, mata kuliah ini memberi kemampuan dalam:

  1. mengembangkan instrumen pengumpulan data berdasarkan tujuan penelitian;

  2. melakukan validasi dan reliabilitas instrument;

  3. menentukan langkah-langkah analisis data;

  4. menarik sebuah kesimpulan dari hasil analisis data.

SumberAcuan

  1. Creswell, Jhon W. Qualitative Inquiry and Research Design. Choosing Among Five Traditions. USA. Sage Publications. 1988.

  2. Gay, L.R, Mills, Geoffey E, and Airasian, Peter. Educational Research. Competencies for Analysis and Applications. New Jersey. Pearson Education. 2009.

  3. Creswell, Jhon W and Clark Vicki L. Piano. Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage Publications.2007.

  4. Bogdan,R.C. and Biklen, S.K.. Qualitative Research for Educatio: An Introduction to Theory and methods. Boston:Allyn and Bacon, 1992.

  5. Krippendorff, Klaus. Content Analysis: An Introductions to its Methodology (Second Edition), California: Sage Publication. 2004

  6. Mies, Matthew B and Huberman A.Mihael. Analisis Data Kualitatif. Jakarta.  UI Press.1992.

  7. Emzir. Meodologi Penelitian Kualitatif. Analisis Data. Jakarta. Rajawali Press. 2011.

  8. Emzir. Meodologi Penelitian Pendidikan. Kuantitatif &Kualitatif. Jakarta. Rajawali Press. 2011.

16) Internet Based-Teaching Media (PBI816312) = 2 (2-0)

Psikomotor

Mata kuliah ini memberi kesempatan dan peluang kepada mahasiswa untuk   menganalisis dan berfikir kritis mengenai aplikasi Internet Based-Teaching Media yang dituangkan dalam pengembangan perangkat media untuk digunakan dalam pembelajaran yang akan dilakukannya dengan sasaran khalayak yang dipilih sesuai minat masing-masing.Topik pembelajaran menyangkut CALL, digital resources and materials, web-based tools, dll.

Pengetahuan

Mata kuliah ini memberi bekal kepada mahasiswa untuk  berfikir kritis  tentang teori dasar Internet Based-Teaching Media, aspek-aspek dalam Internet Based-Teaching Media ; CALL, digital resources and materials, web-based tools, dll

Sikap

Mahasiswa  melaksanakan proses pembelajaran dengan tekun dan bertanggugjawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan secara individu dan secara kelompok secara profesional dan mempunyai keperdulian terhadap perkembangan media electronic dalam pembelajaran Bahasa.

 Tujuan Mata kuliah

1) Mampu  mengkaji teori dasar CALL, digital resources and materials, web-based tools, dll.

2) Mampu  mengembangkan teori dasar CALL, digital resources and materials, web-based tools, dll, dengan cara mengembangkan perangkat pembelajaran.

3) Bertanggung jawab dan mempunyai keperdulian terhadap perkembangan media electronic.

 Sumber Acuan.

  1. Thorne, K. Blended Learning: How to Integrate Online and Traditional Learning. London: Kogan Page Ltd, 2003.

  2. Tomlinson, B and Claire, W. Blended Learning in English Language Teaching: Course Design and Implementation. London: British Council, 2013

 

17) Tesis  (PBI816313) = 6 (0-6)

 Penulisan Thesis ini bertujuan untuk memampukan mahasiswa dalam menulis proposal penelitian, menyajikannya, melakukan penelitian berdasarkan proposal, menyajikan hasil penelitian serta melaporkan hasil penelitian.