Home » 2014-2015

2014-2015

DESKRIPSI MATA KULIAH

A. Deskripsi Mata Kuliah

1) Mata Kuliah Universitas

1.Filsafat Ilmu (2 SKS)

Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu dalam berbagai ilmu serta perkembangan pengetahuan ilmiah. Pembahasan tentang ontologi ilmu difokuskan pada unsur realitas empirik, seperti fakta, data, dan informasi tanpa melepaskannya dari realitas rasional, serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah. Epistemologi ilmu difokuskan pada metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metodologi penelitian. Aksiologi ilmu membahas nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan serta kegunaannya baik secara internal, eksternal, maupun sosial.

2. Metodologi Penelitian (2 SKS)

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa permasalahan penelitian, kerangka teori dalam penelitian,jenis-jenis design penelitian, pengukuran variabel, cara uji-coba instrumen, populasi dan sampel, rancangan penelitian dan pengolahan data penelitian.

 2). Fakultas :

1.Wawasan Kependidikan (2 SKS)

Mata kuliah ini mengkaji tentang peran sentral pendidikan dalam memberikan kontribusi mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia sebagai individu warga masyarakat sehingga mampu menjadi individu yang produktif dan sejahtera serta warga masyarakat yang peduli kemaslahatan umum sebagai perwujudan pembentukan generasi emas 2045. Matakuliah ini juga akan membekali calon magister pendidikan dalam memahami peta konseptual permasalahan pendidikan baik dalam tataran makro pendidikan dalam mengembangkan pendidikan dan pembelajaran, tataran organisasi dalam mewujudkan good governance, dan tataran mikro, termasuk peluang dan kewajiban masing-masing pelaku pendidikan untuk memberikan kontribusi sesuai dengan bidang spesialisasinya.

2. Kurikulum dan Pembelajaran (2 SKS)

Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran. Mata kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa calon magister pendidikan dengan wawasan dan pemahaman tentang konsep-konsep dan praktik yang berhubungan dengan kurikulum dan pembelajaran yang meliputi pengertian, konsep, landasan pengembangan, komponen, model dan organisasi, evaluasi kurikulum, dan implementasi kurikulum 2013 yang diikuti dengan pemahaman tentang konsep dasar, prinsip, komponen, model, dan inovasi pembelajaran sehingga dapat mengaplikasikannya dalam proses pendidikan/pembelajaran dalam bidang spesialisasinya.

3). Program Studi

1. Advanced Second Language Acquisition (3 SKS)

Mata Kuliah ini bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berfikir secara kritis mengenai proses pembelajaran bahasa asing atau bahasa kedua. Materi perkuliahan mencakup teori yang mendasari perkembangan studi pembelajaran bahasa asing atau bahasa kedua (second language acquisition/foreign language learning) dalam hubungan dengan teori dasar lingusitik yang mencakup bidang  phonology, morphology, syntax, dan semantics; perbandingan pembelajaran bahasa pertama dan bahasa kedua dikaitkan dengan teori behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, Vygotsky, Universal Grammar dan comprehensible input-comprehensible output. Disamping itu dibahas faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran/pemerolehan bahasa asing, seperti faktor kognitif, afektif, gaya belajar, stragtegi belajar, dan strategi komunikatif. Sedangkan filsafah dan praktek pembelajaran bahasa diberikan pada bagian akhir  perkuliahan. Kegiatan perkuliahan berlangsung dalam bentuk kuliah, workshop, group work task dan individual project.

2. Advanced Linguistics (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memperdalam pengetahuan mahasiswa mengenai linguistik serta mempertajam kemampuan analisis mahasiswa terhadap konsep-konsep linguistik. Topik-topik perkuliahan mencakup micro-linguistics (phonetics, phonology, morphology, syntax, semantics, pragmatics, semiotics), macro-linguistics (sociolinguitics, psycholinguistics), dan applied linguistics. Perkuliahan ditekankan pada presentasi makalah dan diskusi, dan tugas mandiri berupa penelitian sederhana.

3.  Advanced Assessment in Language Teaching (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai isu dan praktik terkini dalam penilaian pembelajaran bahasa. Topik bahasan mencakup antara lain hubungan antara pembelajaran dan pengujian/penilaian bahasa; hubungan antara berbagai teori belajar bahasa dan pengujian/penilaian bahasa; proses penyusunan, pengembangan dan implementasi pengujian/penilaian bahasa; evaluasi dan penyusunan prosedur penilaian dan pengujian bahasa Inggris. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mendisain, mengembangkan dan mengimplementasikan serta menginterpretasikan perangkat pengujian/penilaian bahasa Inggris yang dirancang khusus untuk khalayak sasaran tertentu.

4. TEFL Methodology (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang teori-teori pengajaran bahasa Inggris  dan prinsip-prinsip pedagogik tentang pengajaran bahasa Inggris di setting bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mengkaji teori dan peraktik pembelajaran bahasa Inggris  dan mengembangkan  pembelajaran sesuai dengan setting tertentu ( sekolah formal, non-formal, EAP dan ESP).

5. Proposal Thesis

Mahasiswa menulis proposal mini yang berkaitan dengan judul thesis yang dipandu oleh dosen.

Semester 2

1. Literature in Language Teaching (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang teori sastra dan pemanfaatan karya sastra dalam pembelajaran bahasa Inggris. Mata kuliah ini diharapkan dapat memacu mahasiswa dalam mengkritisi prosa, esei, dan cerita pendek serta pemanfaatannya dalam pembelajaran di dalam kelas. Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat memilih karya sastra yang tepat serta dapat mendesain tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang tepat baik dari segi teori sastra maupun teori pembelajaran bahasa Inggris.

2. Research in Language Teaching (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa dalam merancang, mengembangkan,  dan melaksanakan penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mengkaji jenis-jenis penelitian, merancang, dan mengembangkan metode penelitian berdasarkan masalah penelitian, mengkaji jenis-jenis instrumen, merancang dan mengembangkan  instrumen berdasarkan masalah penelitian. Kegiatan perkuliahan berlangsung dalam bentuk kuliah, workshop, group work task dan individual project, berupa rancangan penelitian.

3. EFL Curriculum Development and Syllabus Design (3 SKS)

Mata kuliah ini memberi bekal kepada mahasiswa untuk  berfikir kritis  tentang proses pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran untuk pengajaran bahasa. Topik bahasan mencakup antara lain prinsip-prinsip dasar dalam pengembangan desain materi dan silabus dari sudut pandang praktis dan teoretik, hubungan antara materi, silabus dan hakikat bahasa. Dalam mata kuliah ini peserta akan mendisain sillabus dan perangkat pembelajaran untuk pendidikan  formal dan informal.  Kegiatan perkuliahan berlangsung dalam bentuk kuliah, workshop, group work task dan individual project.

4. Pragmatics (3 SKS)

Mata Kuliah ini menggabungkan dua konsep aplikasi kebahasaan yaitu pragmatics dan discourse Analysis bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memahami, menganalisis dan berfikir kritis mengenai aplikasi kebahasaan pada tataran pemakaian bahasa secara aplikatif di atas struktur kalimat. Materi perkulliahan mencakup teori dasar pragmatics, aspek-aspek dalam speech acts: locutionary, illocutionary, perlocutionary, maxims. Pada bagian lain dibicarakan aspek discourse analysis berupa cohesion and coherences, conversation analysis, critical discourse analysis, genre dan written discourse serta hubungan pragmatics-discourse analysis dengan pembelajaran bahasa. Kegiatan perkuliahan berlangsung dalam bentuk lecture, workshop, group discussion, dan individual project.

5. Seminar = 5 SKS (0-5)

Setiap mahasiswa menyajikan  proposal tesis dan mahasiswa yang lain wajib mengikutinya.Kegiatan ini dipandu oleh 3 dosen, sekretaris program studi dan ketua program studi.

Semester 3

1. Penelitian dan Penulisan Thesis (0-7 SKS)

Mahasiswa melakukan penelitian berdasarkan  proposal yang telah diseminarkan. Dalam penelitian dan penulisan thesis ini, mahasiswa akan dipandu oleh 3 dosen.

2. Karya Ilmiah

Mahasiswa menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya dalam jurnal ilmiah. Dalam penulisan karya ilmiah ini, setiap mahasiswa akan dipandu oleh 2 dosen.

Semester 4-8

(Melanjutkan Penelitian dan Penulisan Thesis, dan Karya Ilmiah).